Download Software untuk Kontraktor Gratis, software menghitung RAB proyek rumah tinggal, bangunan, listrik, furniture lebih mudah dari Excel

Software RAB untuk Kontraktor Gedung dan Bangunan

Sebuah gedung dan bangunan yang dibuat oleh kontraktor, pastinya tidak akan berdiri megah jika tidak ada perencanaan yang matang. Sebelum bangunan tersebut muali dibangun maka perencanaan awal yang dilakukan adalah membuat desain bangunan dan setelah itu kontraktor akan membuat RAB. RAB merupakan Rencana Anggaran Biaya dimana rencana ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui berapa besar biaya yang digunakan dalam pembangunan proyek tersebut. RAB dihitung dari nol, artinya sejak bangunan atau gedung mulai dibangun hingga menjadi bangunan dan gedung yang sesuai dengan desain yang telah dibuat. Untuk menghitung semua biaya yang dibutuhkan, kontraktor bisa menggunakan software RAB untuk kontraktor gedung dan bangunan yang khusus yang memudahkan penyusunan RAB.



Dalam setiap proyek yang dijalankan oleh kontraktor, mereka semalu mebuat RAB, tanpa RAB akan mudah terjadi pembengkakan biaya ataupun kecurangan dalam penyelesaian proyek. Untuk membangun gedung atau bangunan pastinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dengan biaya yang besar tersebut diharapkan alokasi dana yang tepat untuk tiap unit yang dibangun. Alokasi dana akan bisa dijalankan secara efektf jika RAB disusun dengan benar dan sesuai kenyataan. Untuk menghitung RAB dibutuhkan luas bangunan dan juga harga bahan baku yang berlaku saat itu. Software yang digunakan kontraktor akan membantu mebuat RAB semakin mudah dan akurat. Penyusunan RAB dibutuhkan ketelitian tinggi dan pastinya sama dengan ketelitian saat membuat laporan keuangan.

screenshot Software RAB untuk Kontraktor Gedung dan Bangunan
Aplikasi Hitung RAB untuk Kontraktor Gedung dan Bangunan

RAB membantu kontraktor untuk mengetahui besarnya biaya dalam membangun gedung dan bangunan lainnya. Dengan biaya yang tepat diperhitungkan tersebut sehingga akan mudah bagi perusahaan untuk mengalokasikan material pada tiap pekerjaan proyek tersebut. Kontraktor bisa dengan cepat mengetahui kemajuan proyek yang dijalankannya. Klien pun bisa cepat diberitau tentang besarnya biaya yang harus disiapkan untuk membangun gedung atau bangunan yang mereka inginkan tersebut. Dalam penyusunan RAB tanpa menggunakan software, hal ini sering menyebabkan kesalahan perhitungan. Sedangkan jika menggunakan software seperti Beeaccounting maka perhitungan RAB bisa lebih akurat dan tingkat ketelitiannya cukup tinggi.


Dalam menyusun RAB, kontraktor harus berdasarkan peraturan yang telah ditentukan oleh SNI. Jadi kontraktor tidak boleh sembarangan dalam menyusun Rencana Anaggrana Biaya apalagi menambahkan komponen lain dengan maksud untuk menambah pendapatannya. Mencari keuntungan memang dibutuhkan oleh perusahaan kontraktor, namun harus sesuai dengan aturan SNI. Dalam aturan tersebut tentunya ada acuan tersendiri yang harus diperhatikan kontraktor untuk menyusun RAB yang benar. Agar tidak terjadi kesalahan saat menghitung baik penjumlahkan, perkalian, pengurangan dan pembagian maka kontraktor bisa menggunakan software RAB untuk gedung dan bangunan. Software ini membuat penyusunan RAB jauh lebih cepat, tepat dan akurat.


Semakin besar proyek yang dikerjakan oleh kontraktor tentu semakin rumit RAB yang dibuat. Kadang satu proyek bisa terpecah-pecah menjadi beberapa kontrak yang saing berhubungan. Untuk membuat RAB pun semakin rumit, apalagi jika perhitungannya secara manual, pasti membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kesalahan yang cukup tinggi. Untuk itu kontraktor bisa download software kontraktor gratis yang mudah digunakan dan membantu pembuatan RAB dengan cepat. RAB yang bisa dibuat secara cepat dan akurat akan memberikan tingkat kepercayaan kontraktor dari kliennya. Klien akan semakin yakin menyerahkan proyeknya kepada kontraktor dan bagi kontraktor, mereka bisa mengontrol keuangan dan mengalokasikan biaya yang dibutuhkan. Software RAB kontraktor gedung dan bangunan memudahkan pekerjaan kontraktor lebih efektif dan efisien tanpa mengurangi waktu pengerjaan proyek.

Software RAB untuk Kontraktor Gedung dan Bangunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santoso

1 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.