Download Software untuk Kontraktor Gratis, software menghitung RAB proyek rumah tinggal, bangunan, listrik, furniture lebih mudah dari Excel

Software Menghitung RAB Bangunan Rumah Gratis

Pernahkah anda mengalami ketika harus menghitung RAB bangunan rumah yang harus diselesaikan dalam waktu singkat karena deadline proyek atau tender ? Pusing bukan ... . karena proses perhitungan RAB melibatkan banyak komponen volume pekerjaan, jenis bahan material yang beragam, baik macam maupun jumlahnya. Belum lagi ditambah dengan biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek tersebut. Apabila kita salah melakukan analisa dan perhitungan maka akibatnya kita bisa salah memberikan harga penawaran proyek dan bisa berakibat kerugian.

Selain itu juga dipengaruhi faktor external seperti mendadak bahan yang kita butuhkan mengalami kenaikan harga, atau bahkan kelangkaan di pasaran. Hal ini tentu mengakibatkan kita harus melakukan substitusi dan mengganti bahan tersebut dengan material yang sejenis dan harga yang berdekatan. Terkadang customer juga merubah spesifikasi yang sebelumnya diajukan, dikarenakan alasan penghematan budget.

Alangkah enaknya apabila segala keribetan diatas bisa dibantu agar lebih mudah dengan bantuan software penghitungan RAB untuk bangunan rumah, syukur-syukur kalau ada yang gratis hehehe. Ada seorang teman saya yang pernah pakai software menghitung rab bangunan dengan microsoft excel , dia membelinya di internet. Harganya cukup mahal menurut saya karena di kisaran 1 juta lebih. Untuk ukuran file excel yang sudah ada formatnya saya rasa agak berlebihan. Lagipula software rab excel memiliki beberapa kelemahan :

  1. Tidak ada modul stok
  2. Tidak terintegrasi dengan modul purchase order & pembelian
  3. Tidak ada modul PPIC
  4. Tidak terintegrasi dengan akuntansi
  5. Tiap proyek harus dibuat di file terpisah
  6. Tidak bisa menampilkan laba rugi per proyek

Dengan menggunakan software perhitungan RAB yang terintegrasi dengan akuntansi pembukuan untuk kontraktor ada beberapa keuntungan :
  1. Mudah merubah Volume Pekerjaan dan langsung update total RAB
  2. Mudah merubah Qty bahan / material dan langsung update total RAB
  3. Menghitung biaya tenaga kerja langsung
  4. Bisa otomatis mengenerate Sales quote (penawaran)
  5. Analisa realisasi penggunaan bahan vs RAB 
  6. Dengan cepat mengetahui laba rugi per proyek

Software perhitungan RAB bangunan dan rumah
Software perhitungan RAB bangunan dan rumah

Software Perhitungan RAB Gratis
Software Perhitungan RAB Gratis Download

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi perhitungan RAB microsoft excel ataukah menggunakan Software RAB yang terintegrasi dengan akuntansi untuk perusahaan kontraktor anda. Ada baiknya anda coba dulu versi trial nya yang biasanya bisa di download dengan gratis free. Dengan gratis download software rab untuk perusahaan kontraktor , anda bisa memastikan apakah software tersebut nantinya cocok dan bisa membantu pekerjaan anda dalam membuat, menghitung dan analisa RAB dan laba rugi per proyek. Selamat memilih :) !




Software Menghitung RAB Bangunan Rumah Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santoso

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.