Download Software untuk Kontraktor Gratis, software menghitung RAB proyek rumah tinggal, bangunan, listrik, furniture lebih mudah dari Excel

Software Akuntansi Gratis untuk Kontraktor

Apakah seorang kontraktor membutuhkan software kontraktor agar bisa mengerjakan pekerjaannya dengan mudah? Bagi kontraktor, membuat Rencana Anggaran Biaya yang tepat itu sangat membantu mereka untuk menjalankan pekerjaannya. Proyek pembangunan atau renovasi bukan hanya membutuhkan desain atau gambar sebelum dibangung, namun juga membutuhkan RAB agar bisa diketahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan kliennya. Apakah ada software akuntansi gratis untuk kontraktor yang membantu kontraktor untuk menganalisa biaya yang dibutuhkan atau membuat RAB sebelum membangun proyeknya. RAB tersebut memang bisa dihitung secara manual namun hasilnya tidak sebagus jika menggunakan software. Bee accounting adalah salah satu software yang digunakan oleh kontraktor yang sangat mebantu dalam penyusunan RAB maupun membantu pekerjaan kontraktor lainnya.

software akuntansi untuk perusahaan kontraktor
Software Akuntansi Gratis untuk perusahaan Kontraktor

Saat menyusun RAB jika tidak teliti atau tidak menggunakan software kontraktor pastinya akan terjadi kesalahan dan bisa menyebabkan kelebihan dan kekurangan anggaran yang harus disiapkan. Seharusnya memang RAB dibuat dengan tepat dan akurat sehingga bisa memberikan informasi yang tepat kepada klien. Dalam membuat analisa anggaran terjadinya kesalahan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kesalahan tersebut bisa terjadi karena kelalaian, kesengajaan ataupun karena faktor di luar dugaan.
Kesalahan dalam penyusunan analisa anggaran disebabkan oleh:
  • Daftar harga bahan bangunan tidak update
    Seharusnya memang saat membuat rencana anggaran biaya harus dtentukan harga bahan baku yang saat itu berlaku, jadi biayanya akan tepat dengan harga yang ada di lapangan.
  • Kesalahan perhitungan
    Perhitungan dalam menyusun RAB harus tepat dan tidak boleh salah baik penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika perhitungan tersebut salah maka akan menimbulkan kesalahan yang fatal. Kesalahan ini bisa terjadi karena salah tulis, salah pencet kalkulator ataupun keyboard.
  • Penggunaan rumus yang keliru
    Jika menghitung analisa anggaran secara manual dengan rumus tertentu, kadang rumus yang digunakan salah. Tapi, apabila menggunakan software kontraktor, kesalahan penggunaan rumus bisa dihindari.
  • Desain yang salah
    Desain yang digunakan untuk menyusun RAB harus lengkap, jadi tidak boleh hanya setengah-setengah. Jika desain bangunan salah maka penyusunan RAB pun juga akan salah.

Beberapa hal diatas sering menyebabkan kesalah dalam menghitung biaya yang dibutuhkan untuk proyek tertentu oleh kontraktor. Saat ini untuk meminimalkan kerja kontraktor dan menggurangi kesalahan dalam penyusunan RAB, banyak kontraktor yang menggunakan software kontraktor. Software akuntansi gratis yang bisa didownload kapan saja ini digunakan untuk kontraktor bukan hanya menyusun analisa anggaran namun juga untuk menyusun laporan keuangan.
Sama halnya ketika perusahaan menyusun laporan laba-rugi atau lagopran keuangan, dalam perusahaan kontraktor juga dibutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kinerja dalam satu bulan perusahaan tersebut. Dengan menggunakan software akuntasi tersebut maka kerja kontraktor menjadi lebih ringan. Software akan membantu dalam hal administrasi dengan mudah, selain itu dengan menggunakan software maka semua transaksi yang terjadi bisa dimonitor kapan saja. 

Software kontraktor memudahkan untuk menyajikan informasi pendukung manajemen perusahaan kontraktor secara cepat dan akurat tentang piutang, hutang, stock dan juga arus kas hingga laporan keuangan yang mudah dibaca. Software akuntansi yang tepat membantu kontraktor dalam menekan biaya karena software ini menggunakan sistem budgeting. Pengambilan keputusan strategis oleh perusahaan kontraktor pun lebih mudah dilakukan dengan menggunakan software kontraktor. Jika tidak menggunakan software tentu bukan hanya penyusunan RAB saja yang sulit dilakukan, namun operasional perusahaan juga terganggu dengan kinerja yang lambat dalam hal administrasi. Software kontraktor yang tepat akan membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Software Akuntansi Gratis untuk Kontraktor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santoso

1 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.